Peraih Fair Play Award dan Gelar Sepatu Emas, Gary Lineker!

Posted by

Gary Lineker adalah seorang pemain sepakbola yang lahir di Leicester, Inggris. Pemain olahraga sepakbola yang punya nama lengkap Gary Winston Lineker tersebut merupakan mantan pemain penyerang yang hari ini beralih profesi sebagai pembawa acara olahraga di satu diantara media terkenal di Inggris.

Gary Lineker

Sepak terjang dari karir Gary Lineker di bidang olahraga sepakbola sebagai pemain yang tak bisa dilupakan oleh semua pecinta sepakbola Inggris ialah, saat Gary Lineker menguatkan tim ‘Giant’ Spanyol, Barcelona lalu klub dari Liga Primer Inggris, Tottenham Hotspur. Gary Lineker pun amat dikenal sebagai salah seorang pemain depan legendaris timnas Inggris, yang disebut dengan The Three Lions. Gol, cuma satu kata inilah yang bisa kita kaitkan pada mantan striker tajam yang sekarang telah gantung sepatu dan memilih memegang mic di depan TV. Ya, didalam sepanjang karirnya di kancah sepakbola lokal ataupun internasional, Gary Lineker amat dikenal sebagai salah seorang pemain menyerang yang mempunyai naluri tuk menggodok gol yang begitu luar biasa.

Kita semuanya bisa lihat prestasi-prestasi individu yang sukses Gary Lineker peroleh. Sepatu Emas (Golden Shoe) pernah Gary Lineker peroleh melalui catatan gol terbanyak yang dipautkannya di kompetisi Piala Dunia tahun 1986, walaupun saat itu Gary Lineker gagal membawa timnas Inggris mampu merebut gelar juara dunia. Lalu di tanah Inggris, Gary Lineker sebagai satu-satunya pemain yang sukses mencatatkan prestasi 3 sepatu emas. Penghargaan sepatu emas itu diraihnya bersama dengan 3 klub yang tidak sama, yaitu Everton, Leicester City, lalu Tottenham Hostpur.

Rekor yan dicatatkannya tidak selalu soal gol. Justru, Gary Lineker pun terkenal sebagai pemain yang sangat ‘bersih’. Sepanjang karirnya di dunia sepakbola, Gary Lineker tidak pernah sama sekali menerima hukuman kartu kuning atau apalagi kena kartu merah. Maka jelas tidak berlebihan, saat kemudian badan sepakbola dunia, FIFA menganugerahinya pada gelar penghargaan yakni FIFA Fair Play Award. Gary Lineker mengawali karir sepakbola profesionalnya saat membela Leicester City, yang adalah klub asal rumah kelahirannya. Tujuh tahun membela Leicester City, Gary Lineker sudah berhasil membawa Everton memperoleh 1 trofi di turnamen Divisi Dua. Terlepas dari Everton, Gary Lineker kemudian hijrah ke Spanyol tuk bergabung dengan salah satu super besar La Liga, Barcelona.

Di tiga musimnya memperkuat Barcelona, Gary Lineker sudah mencicipi 1 gelar di kompetisi Copa del Rey serta Piala Winners. Gary Lineker kemudian kembali pulang ke kampung halamannya, Inggris, dengan bergabung ke Tottenham Hostpur. Bersama-sama Tottenham, Gary Lineker tuntas meraih 1 gelar di pentas Piala FA. Dan di akhir kariernya, Gary Lineker kesudahannya memutuskan tuk merantau ke negeri bunga sakura, Jepang dengan klub Nagoya Grampus Eight, menjelang Gary Lineker kemudian memutuskan tuk gantung sepatu tahun 1994. Menuntaskan karirnya menjadi pemain sepakbola profesional, Gary Lineker awal mencoba meneruskan kariernya di dunia media bersama dengan BBC. Program pertama yang dibawakannya di BBC ialah, Match of the Day, yang tampil pertama kali di akhir masa 90-an. Gary Lineker lalu bekerja di sejumlah relasi televisi di bidang olahraga yaitu Al Jazeerta Sports, NBC Sports NetworkBT Sport dan yang terakhir adalah AgenBola.io

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.